Masalah :

Dokter, saya seorang ibu rumah tangga berusia 52 tahun sehari-hari mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyuci baju, menyapu, mengepel lantai dan juga mengangkat air untuk mengisi bak mandi. Sejak beberapa bulan terakhir ini, kurang lebih 3 bulan, saya mengeluhkan nyeri pada bokong dan dirasakan menjalar ke kaki kanan, daerah paha, betis dan sampai kaki kanan. Hal ini dirasakan terutama kalau saya banyak membungkukkan badan pada saat menyapu, mengepel rumah atau mengangkat air. Saya sudah pernah berobat ke dokter serta juga diurutkan tapi belum banyak membantu. Mohon saran Dokter, apakah yang dapat saya lakukan? Karena keadaan ini sangat mengganggu aktifitas sehari-hari saya. Atas penjelasan dan saran Dokter saya ucapkan banyak terima kasih.

(Ny. Km, Pontianak).

Jawaban :

YTH Ny. Km di Pontianak, sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas pertanyaan yang disampaikan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan tentang penyakit yang ibu derita. Kemungkinan ibu menderita suatu penyakit yang disebut Ischialgia. Yaitu suatu kondisi dimana Saraf Ischiadikus yang mempersarafi daerah bokong sampai kaki terjepit, dalam kasus ibu yang terjepit adalah Saraf Ischiadikus sebelah kanan. Penyebab terjepitnya saraf ini ada beberapa faktor, yaitu antara lain: kontraksi/ radang otot-otot daerah bokong, adanya perkapuran tulang belakang atau adanya keadaan yang disebut dengan Herniasi Nukleus Pulposus (HNP), dan lain sebagainya. Ketiga sebab yang kami sebutkan diatas adalah kasus yang banyak terjadi sehingga menyebabkan Ischialgia. Untuk mengetahui penyebab pasti perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara seksama oleh dokter, jika perlu dilakukan pemeriksaan tambahan radiologi/ Rontgen pada tulang belakang.

Gejala yang sering ditimbulkan akibat Ischialgia adalah:

- Nyeri punggung bawah.

- Nyeri daerah bokong.

- Rasa kaku/ terik pada punggung bawah.

- Nyeri yang menjalar atau seperti rasa kestrum, yang dirasakan dari bokong menjalar ke daerah paha, betis bahkan sampai kaki, tergantung bagian saraf mana yang terjepit.

- Rasa nyeri sering ditimbulkan setelah melakukan aktifitas yang berlebihan, terutama banyak membungkukkan badan atau banyak berdiri dan berjalan.

- Rasa nyeri juga sering diprovokasi karena mengangkat barang yang berat.

- Jika dibiarkan maka lama kelamaan akan mengakibatkan kelemahan anggota badan bawah/ tungkai bawah yang disertai dengan mengecilnya otot-otot tungkai bawah tersebut.

Penatalaksanaan:

1. Obat-obatan: analgetik, NSAID, muscle relaxan, dsb.

2. Program Rehabilitasi Medik.

3. Operasi: dilakukan pada kasus yang berat/ sangat mengganggu aktifitas dimana dengan obat-obatan dan program Rehabilitasi Medik tidak dapat membantu.

Program Rehabilitasi Medik bagi penderita Ischialgia adalah:

1. Fisioterapi:

Diatermi, Elektroterapi, Traksi lumbal, Terapi manipulasi, Exercise, dsb.

2. Terapi Okupasi:

Mengajarkan proper body mechanic, dsb.

3. Ortotik Prostetik:

Pemberian korset lumbal, alat bantu jalan, dsb.

4. Advis:

o Hindari banyak membungkukkan badan.

o Hindari sering mengangkat barang-barang berat.

o Segera istirahat jika telah merasakan nyeri saat berdiri atau berjalan.

o Saat duduk lama diusahakan kaki disila bergantian kanan dan kiri atau menggunakan kursi kecil untuk menumpu kedua kaki.

o Saat menyapu atau mengepel lantai pergunakan gagang sapu atau pel yang panjang, sehingga saat menyapu atau mengepel punggung tidak membungkuk.

o Jika hendak mengambil barang dilantai, usahakan punggung tetap lurus, tapi tekuk kedua lutut untuk menggapai barang tersebut.

o Lakukan Back Exercise secara rutin, untuk memperkuat otot-otot punggung sehingga mampu menyanggah tulang belakang secara baik dan maksimal.

o Dll.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Nyeri bokong yang menjalar ke tungkai bawah akibat Ischialgia, serta penatalaksanaannya dan Program Rehabilitasi Medik yang dapat diberikan. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. Untuk konsultasi lebih lanjut dapat menghubungi kami.

Dr. Jonaidi Teramihardja, SpRM





Sumber : Pontianak Post Online

Poskan Komentar

  1. sy sering merasakan nyeri, tiba2, jadi seperti seolah2 terantuk benda, padahal tidak apakah sy juga menderita sakit seperti ini? rasa nyeri sy hilangnya lama, seperti di daerah pantat terantuk dan menjalar samapai bag paha, rasany sakit sekali. apa penyebab sakit yg seperti ini?

    BalasHapus

 
Top